Ko Uda Hamil??

Mudik menjadi aktifitas yang biasa aku lakukan tiap tahun sejak tinggal di bandung 4 th lalu.  menjadi saat-saat yang aku nantikan karena aku bisa bertemu dengan saudara-saudaraku dan tetangga. menjadi saat-saat yang aku nantikan karena aku kembali bisa menikmati udara segar pedesaan, wajah-wajah lugu dan polos penduduknya dan menjadi saat-saat yang aku coba untuk selalu menikmatinya karena saat aku di rumah, berarti akan jauh dari pusat kota, pusat peradaban dan teknologi…hayyah!!!berlebih deh kayaknya…hehe..
pulang ke rumah berarti akan kembali ke kehidupan yang “alon-alon waton klakon” hahaha…bukan kehidupan yang dinamis, grusa-grusu dan penuh ketergesa-gesaan kayak di kota.  Aiiih…benar-benar damaaaaiiiiii….
Hmm…kok kayaknya ga nyambung ma judulnya ya?hahhaha…mang bukan itu yang mu dishare kok!
Ada satu fenomena…yang biasa aja bagi orang di desaku…hehe..bukan fenomena kalo gitu ya.. tapi mungkin bagi beberapa orang di kota dan orang-orang terpelajar akan jadi suatu yang…ya.. bikin orang bilang…”busyet dah…” ato “gile aje…” ato cuma geleng-geleng kepala..hehe..
“Eh..mba Nining, kapan balik’e mba?” sapa seorang tetangga. Yah..di rumah aku dipanggil mba Nining.
“Oh..eh..anu..mmm…dinten sabtu enjing..” jawabku gelagaban mentranslate bahasa Indonesia di otakku ke dalam bahasa jawa krama inggil yang sudah 4 tahun lebih ga aku pake.  Agak pangling, dengan oang ini…makanya aku jawab pake krama inggil sebagai satu bentuk penghormatanku.
Susah payah aku mengingat, mencoba mencari catatan yang entah aku simpan di file apa dan di sisi sebelah mana di otakku…” AaaaHH!! AYU..!!! teriakku dalam hati seolah baru saja menemukan harta karun.. Yah, nama gadis..eh..mba..eh..ibu..(ah, entah aku harus menyebutnya apa) yang tadi menyapaku.  Setelah sadar, aku cuma bisa nyebut…”Oh, my Rabb… KO UDA HAMIL??? ” Kayaknya terakhir kali liat masih nenteng tas siap-siap mu pergi ke sekolah dengan seragam putih birunya. Oh..my Rabb…oh,my Rabb..oh,my Rabb…panik niy…gue yang ketuaan dan ga dapet-dapet jodoh ato dia yang nikah terlalu muda? hahahaha…
Aku ga tau persis berapa umurnya, tapi kira-kira ni anak lebih muda 2-3 thn dari adikku dan adiku lebih muda 4 thn dariku…berarti anak ini lebih muda 6-7 th dariku…(ribet amat sih!!) hmmm…16-17 thn.  Oh..my Rabb!!! Bayangin, 16 thn uda hamil? terus dy nikah usia berapa? bukannya usia minimal nikah bwt cewek tu 18 thn?!! Ko dibolehin si sama KUA? lagi-lagi cuma bisa nyebut…Oh, my Rabb…
Selidik punya selidik, ternyata tidak cuma anak ini aja yang nikah..eh, dinikahkan oleh ortunya dalam usia muda. Masih ada beberapa anak lagi yang sepantaran ma dia yang uda pada ngegendong anak…hhfff… Mereka dijodohkan dan dinikahkan beberapa bulan setelah lulus SMP. Busyet dah..!! lulus SMP bisa apa siy? tau apa siy? diri sendiri aja mugkin mereka blom pada tau.. Tapi ya gitu..kalo di desa mah, hal-hal kayak gitu uda biasa. Salah satu cara untuk mengurangi beban keluarga adalah menikahkan anak gadis mereka…huhuhu…sadis!!!  Beruntung banget punya bapak yang berprinsip bahwa pendidikan itu penting buat masa depan anak, jadi ga buru-buru dikawinin meski dalam keadaan ekonomi yang sulit juga…hhhfff…
Melihat suami Ayu, semakin miris aja ni ati. Cowok tanggung, mungkin blom genap 20 th (lagi-lagi…usia minimal cowok untuk nikah kan 21 th?) dengan rambut gondrong dan dicat pirang plus anting di salah satu telinganya serta tato yang tertutup lengan bajunya…Oh, no… mending kalo dikawinin di usia muda dengan pria baik-baik gitu ya? lah ini…bukannya  su’udzon, tapi dari penampilannya aja udah kayak gitu…Duh, ga tega deh ngebayangin seorang gadis lugu kayak Ayu dapet suami seperti itu…gimana kehidupan keluarga sehari-harinya ya?  HHmmm miris banget siy… cowok-cowok kayak gitu kan paling banter kerja jadi kuli bangunan dengan upah maksimal 10rb per harinya ato kalo ngga kerja di pabrik plastik ato sabun di magelang dengan UMR yang rendah banget…Gimana dia bisa menghidupi anak istrinya? Iya kalo Ayu juga kerja, lah kalo kerjanya cuma di sumur, dapur ma kasur???Duh…bener-bener ga tega ngebayanginnya nih… Tu baru masalah kehidupan keluarga mereka. kalo anaknya udah lahir…gimana lagi tu? Soal mendidik anak, mereka tau apa siy? kesehatan? gizi? pendidikan dan masa depan anak mereka?  Sebenernya orang tua mereka mikir ga siy pas nikahin mereka??? geregetan nih…iiihhhhh!!!
Kalo udah kayak gini, jadi persoalan dasarnya apa sih? KEMISKINAN…sepertinya jadi tersangka utama. Kemiskinan tu udah kayak lingkaran setan yang ga berujung…muter lagi dan muter lagi. Satu cara yang bisa memutusnya ya cuma pendidikan…tp kadang orang udah berpikir bahwa pendidikan itu mahal.  Ahh…padahal kalo mereka tau, pendidikan itu adalah hak setiap orang baik itu yang miskin ato kaya.  Pendidikan memang mahal, tapi tidak ada alasan untuk tidak mendapatkannya… Entahlah, semua ada di depan mata…tp blom bisa berbuat apa-apa dan ga tau harus mulai darimana… Perjuangan masih panjang Patmi…
Tentang

simple patmi tapi jadi riweuh kalo lagi stres dan pms..hehe..

Ditulis dalam Update
2 comments on “Ko Uda Hamil??
  1. hariyadi maramis berkata:

    pendidikan itu harusnya gratis……

    karena pendidikan mahal dan tingkat kecerdasan masyarakat rendah maka hal2 seperti itu terjadi..

    mbak pat sudah kuliah dan tentu memiliki cakrawala yang lebih, sehingga mengetahui usia minimal seseorang wanita menikah itu 18th dan laki2 itu 20th.

    hehe….just mengungkapkan uneg2-nya. salam kenal.

  2. patomi berkata:

    @ hariyadi maramis: pendidikan tu seharusnya emang gratis..tp pendidikan itu mahal mas..hehe..tugas kita tuh yang harus bisa bikin pendidikan itu gratis!hehe..
    salam kenal diterima 😉

Tinggalkan komentar

Barangsiapa memudahkan kesukaran seseorang makan Allah akan memudahkan baginya di dunia dan akhirat (H.R Muslim)
pengingat hari
September 2008
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Yang diomongin..
makasih uda mampir..
  • 50.467 hits